Rabu, 02 November 2011

Sekretaris Idaman

Apa yang Anda pikirkan tentang seorang sekretaris? Yang terbayang mungkin paras yang cantik, tubuh langsing dengan tutur bahasa yang teratur rapih. Memang tidak salah. Sekretaris identik dengan pekerjaan yang teratur dan menjadi ikon sebuah perusahaan. Seperti halnya publik relation, seorang sekretaris juga dituntut punya penampilan menarik dan profesional.
Tapi sebenarnya profesi yang dijalani, kurang lebih sama dengan pekerjaaan lainnya. Seorang sekretaris juga disibukan dengan rutinitas pekerjaan sehari-hari yang monoton dan menjemukan. Ada laporan kerja ke pimpinan yang harus diselesaikan setiap hari, membuat notulen rapat dan tetek bengek lainnya, yang bisa membuatnya jenuh dengan pekerjaan tersebut.
Di Batam para sekretaris, ternyata punya jurus untuk mengatasi masalah kejenuhan kerja sehari-hari. Salah satunya dengan membentuk wadah perkumpulan sesama sekretaris. Namanya Ikatan Sekretaris Indonesia (ISI) cabang Batam.Terbentuk resmi pada tanggal 22 Juli 2007. Sampai saat ini sudah memiliki 60-an anggota dari beragam perusahaan di Batam. Seperti MC Dermott, Pan United, H-Tech, PT Kie, PT Tricom, Boon Meng, Telkomsel, SOme, Novotel dan lainnya.
Sebelum terbentuk ISI cabang Batam, para sekretaris sebenarnya sudah sering berkumpul. Hanya saja kumpulnya para sekretaris sekedar happy fun saja. Namun belakangan ini, para sekretaris sepakat untuk membentuk wadah resmi sekretaris. Tujuannya agar memberikan nilai positif baik untuk pribadi para sekretaris, perusahaannya, dan bermanfaat bagi masyarakat luas.
Sharing untuk meningkatkan profesionalisme kesekretariatan adalah salah satunya yang mereka lakukan. Juga ada sederet kegiatan lain seperti acara bersifat kerohanian, aksi sosial, serta mendorong tumbuhnya kebudayaan. Acara gathering untuk menyegarkan pikiran juga bakal rutin dilakukan.
Ketua ISI Cabang Batam, Nunung Nurhayati dari ATB mengatakan ISI dibentuk dengan tujuan untuk menghimpun segenap pihak yang berprofesi sebagai sekretaris dan administratif profesional, guna mewujudkan kondisi yang saling melengkapi dalam upaya bangsa Indonesia membangun sumber daya sekretaris dan adminitratif profesional yang handal dan berkompetensi.
Sebab itu, keanggotaan ISI cabang Batam terbuka bagi mereka yang telah atau masih mengikuti pendidikan kesekretarisan dan administrasi bisnis. Juga bagi sekretaris atau administratif profesional, di lingkungan perusahaan cabang Batam. Sekretaris juga mesti punya keterampilan yang dimiliki. Seperti penguasaan sejumlah bahasa dari bahasa Indonesia, Inggris, Perancis, Belanda, Jerman, Mandarin,Jepang dan lainnya. Juga memiliki keterampilan penggunaan mesin/alat modern elektronic, baik mesin ketik elektronik, komputer, display writer dan mesin data pricessing.
Pada 1 September depan, pengurus ISI Cabang Batam periode 2007-2010 dengan ketua terpilih Nunung Nurhayati dari ATB dan wakil ketua Heni Sutriana dari MC Dermott. Seremonial pelantikan tersebut juga dikemas menarik dengan mendatangkan artis ibukota. Nunung menuturkan pengurus ISI hanya 19 orang saja. Mereka ada dari perusahaan berlokasi di Muka Kuning, Batu Ampar, Kabil dan Nongsa, Tanjung Uncang, Nagoya, Batam Centre dan lainnya. Ingin mengetahui ISI cabang Batam bisa datang ke sekretariat di Komplek Nusantara Golden Blok B No.3 atau di alamat email sekreatris_batam@yahoo.co.id. (ann)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar