Selasa, 08 November 2011

Costum Special Of Japanese







             
Kimono telah memiliki sejarah panjang di Jepang dan kimono telah berubah dari waktu ke waktu untuk mencerminkan masyarakat dan kebudayaan masa itu.

Selama periode Heian 794-1185, kebiasaan lapisan kimono yang rumit jubah berwarna menjadi populer dengan wanita Jepang. Juni-hitoe, dua belas jubah bergaris sering dikenakan dengan tepi lengan dan kerah menunjukkan nuansa kimono masing-masing. Orang dari pengadilan kerajaan terkadang mengenakan hingga enam belas lapisan kimono. Selama periode Kamakura dari 1185-1133 dengan meningkatnya pengaruh kelas militer dan prajurit, orang tidak memiliki kesabaran atau kebutuhan untuk kimono yang rumit. Kepraktisan menang dan selama periode ini makna kosode lengan kecil diperkenalkan ke kimono.
Pada tahun 1615, pemimpin militer Tokugawa memindahkan ibukota Jepang dari Kyoto, di mana kaisar tinggal ke Edo, hari Tokyo ini. Konfusianisme diadopsi dan hirarki menjadi prinsip di mana warga negara peringkat berdasarkan kelas mereka. Selama periode Edo, orang-orang mulai untuk menentukan status mereka oleh pakaian kimono mereka. Selama waktu ini prestasi artistik terbesar dibuat dengan kimono.
Setelah 1853, Angkatan Laut AS berlayar ke Tokyo dan awal industri komersial Jepang dibuka untuk dunia Barat. Meskipun orang Jepang terus memakai kimono selama seratus tahun, awal dari akhir praktek ini sudah dekat.
Selama periode Meiji 1868-1912, perempuan mulai bekerja di luar rumah mereka dan pakaian yang berbeda diperlukan untuk mengakomodasi pekerjaan mereka. Orang-orang Jepang mengembangkan teknik untuk bersaing dengan mesin tenun kain yang tersedia dari Barat. Kain dari bagian lain dunia telah dibeli untuk membuat kimono dan pakaian. Selama periode Taisho dari 1912-1926, Tokyo mengalami bencana gempa bumi yang meratakan sebagian besar rumah. Banyak dari kimono tua yang hilang pada saat ini.
Selama periode Showa 1926-1989, pemerintah Jepang dibatasi produksi sutra dengan mengenakan pajak untuk mendukung penumpukan militer. Desain kimono menjadi kurang kompleks dan materi itu dilestarikan. Setelah Perang Dunia II, karena ekonomi Jepang secara bertahap pulih, kimono menjadi lebih terjangkau dan diproduksi dalam jumlah yang lebih besar. Eropa dan Amerika dipengaruhi ide-ide desain busana kimono dan motif, tapi bentuknya tetap sama. Kimono dan obi warna berubah dengan musim dan dengan usia dan status pemakainya




Eka. Retnasari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar