Jumat, 11 November 2011

Seni Kebudayaan Tradisional Daerah NTB (Indonesia)

Seni dan kebudayaan tradisional propinsi daerah Nusa Tenggara Barat 

Salah satu jenis tarian yang ada di NTB adalah Tari Gendang Beleq dan berasal dari Lombok, dinamakan demikian karena memakai gendang yang sangat besar. Sudah sejak dulu tarian Gendang Beleq ini dipertunjukan untuk mengiringi atau menyambut tentara yang pergi atau pulang dari medan perang.
Karena tari Gendang Beleq sebagai warisan budaya NTB maka tarian ini sering dipakai untuk menyambut tamu undangan penting sebagai suatu seni, pertunjukan tarian ini juga disebut “Tari Oncer”

Seperti layaknya masyarakat tradisional lainnya yang ada di Indonesia yang memiliki upacara adat tradisional, Di NTB juga ada yaitu Upacara U’a Pua. Biasanya upacara ini waktunya dilaksanakan bersamaan kalau ada Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang juga dirangkai dengan penampilan atraksi Seni Budaya masyarakat Suku Mbojo (Bima) yang berlangsung selama 7 hari. Adapun Prosesi upacara adat U’a Pua diawali dengan perayaan karnafal atau Pawai yang di mulai dari Istana Bima yang diikuti oleh semua Laskar Kesultanan, Keluarga Istana, Group Kesenian Tradisional Bima dengan dua Penari Lenggo yang dilengkapi dengan Kelompok Penunggang Kuda (Jara Sara’u).

Kalau Anda tahu kebudayaan dari Nusa Tenggara Barat tolong di tambahkan melalui komentar ya? agar pengunjung ini juga mengetahuinya untuk menambah pengetahuan dan kecintaan terhadap kebudayaan Indonesia. Jika Anda ingin jalan jalan ke beberapa daerah yang ada di Indonesia silahkan lihat  wisata Indonesia untuk mengetahui tempat wisata menarik di Indonesia.


By : Putri Lilis Suryandari Sk-201

1 komentar:

  1. MGM Resorts names new president and CEO in the gambling industry
    The 상주 출장샵 newly-minted 김포 출장마사지 president and CEO 아산 출장안마 of MGM Resorts, 과천 출장샵 Steve Wynn, will be named CEO on Thursday. Wynn's position will include two senior management positions 남원 출장안마

    BalasHapus