Selasa, 08 November 2011

Sagele, Menanam Padi dengan Musik


gambar ilustrasi alat musik gambus





indosiar.com, Bima - Musik gambus sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Dan di Bima, Nusa Tenggara Barat ada tradisi unik berkaitan dengan musik ini yaitu tradisi sagele. Tradisi ini adalah memainkan musik gambus untuk mengiringi warga yang bergotong royong menanam padi.

Bagi masyarakat Bima, musik gambus memang terasa sangat kental dalam kehidupan. Tidak hanya sebagai hiburan tradisi, musik gambus juga merupakan sarana bagi para petani khususnya di musim taman ini sebagai sarana hiburan saat mereka menanam padi khususnya ditempat berbukit dan menanjak.

Sagele, begitulah orang Bima menyebutnya. Sagele merupakan tradisi menanam padi di ladang yang diiringi musik gambus dengan lantunan lagu-lagu daerah yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu.
Kini tradisi ini nyaris punah. Bagi para petani atau pemilik lahan menggunakan sagele dalam melakukan penanaman akan semakin meringankan pengeluaran mereka. Karena dengan tradisi sagele ini pekerjaan yang biasanya membutuhkan dua atau tiga hari ini dapat dilakukan hanya dalam satu hari. (Agus Zaeroni/Sup)


Yupi Andriyani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar