Selasa, 08 November 2011

Seni Klasik di Peradaban Modern






Angklung merupakan alat musik khas masyarakat sunda. Seiring perkembangan alat musik modern, kesenian musik angklung semakin jarang di gunakan, sehingga banyak diantara kita yang sudah melupakan tentang angklung.

Dalam situs resmi Kabupaten Bandung disebutkan bahwa angklung berasal dari kata Ank yang berarti nada dan Lung yang artinya patah atau hilang. Angklung juga dapat dikatakan sebagai laras yang tidak lengkap, sehingga angklung tidak bisa dimainkan oleh hanya satu orang, melainkan harus dengan beberapa orang.

Angklung terbuat dari bambu, dan dimainkan dengan cara digoyangkan. Satu angklung bisa menghasilkan 2 sampai 3 nada untuk setiap ukuran angklung.
Angklung lahir dari sebuah mitos di masyarakat Sunda terhadap Nji Sri Pohaci sebagai Dewi Sri penghidupan. Dalam perenungan masyarakat Sunda dalam mengelola pertanian, menghasilkan syair-syair pemujaan dan penghormatan terhadap Dewi Sri.

Syair-syair penyembahan tersebut diiringi dengan alat musik yang terbuat dari bambu yang kita kenal sekarang dengan angklung. Penghormatan terhadap Dewi Sri tersebut juga diiringi dengan tari-tarian. Pemujaan terhadap Dewi Sri dilakukan ketika menanam padi dan masa panen, dengan tujuan agar hasil padi tumbuh subur dan tidak mendatangkan malapetaka.

Pada perkembangannya angklung juga digunakan sebagai alat penggugah semangat dalam pertempuran. Sehingga dalam situs Wikipedia menyebutkan bahwa angklung pernah dilarang pada masa penjajahan, hal tersebut menyebabkan popularitas angklung menurun pada saat itu, dan angklung hanya sering dimainkan oleh anak-anak.

Ada berbagai macam jenis angklung yang ada di Jawa Barat. Angklung Kanekes yaitu angklung yang terdapat pada masyarakat Badui. Angklung ini dibuat tidak hanya semata-mata sebagai alat penghibur masyarakat, melainkan alat musik yang digunakan hanya pada waktu tertentu saja. Angklung ini oleh masyarakt Baduy hanya bisa dimainkan pada waktu menanam, namun untuk enam bulan berikutnya angklung dan alat musik lainnya tidak bisa dimainkan.

Angklung Dogdog Lojor terdapat pada masyarakat Kasepuhan Pancer Pangawinan yang tersebar di daerah Gunung Halimun (Berbatasan dengan daerah Sukabumi, Bogor, dan Lebak). Dogdog Lojor sebenarnya adalah sebuah kesenian, namun kesenian ini juga menggunakan angklung sebagai alat musik. Dulu kesenian ini digunakan dalam menanam padi, namun sekaran digunakan sebagai hiburan pada acara kiatanan, acara perkawinan, dan acara-acara lainnya.

Angklung Gubrag bisa kita temui di daerah Bogor. Angklung ini berusia sangat tua dan konon angklung ini dibuat di sebuah Kampung bernama Kampung Cipining pada saat masa pceklik. Angklung ini digunakan pada saat menanam padi, memanen padi, dan menaruh padi kedalam lumbung.

Berikutnya adalah jenis angklung Badeng. Angklung ini terdapat di daerah Garut. Angklung Badeng merupakan alat musik utama dalam kesenian ini. Angklung ini digunakan untuk hiburan dalam dakwah Islam di Garut. Dengan adanya kesenian Badeng di duga kesenian Islam berkembang pada abad ke-16 atau ke-17.

Angklung Buncis teradapat di Baros, Arjasari, Bandung. Buncis merupakan salah satu kesenian masyarakat Sunda yang menggunakan Angklung. Kesenian ini menggunakan 2 angklung indung, 2 angklung ambrug, angklung panempas, 2 angklung pancer, 1 angklung enclok. Kemudian 3 buah dogdog, terdiri dari 1 talingtit, panembal, dan badublag. Awalnya angklung ini digunakan dalam ritual menanam padi namun sekitar tahun 1940-an kesenian ini berubah sebagai alat hiburan masyarakat saja.

Pada saat ini angklung juga tidak dilupakan begitu saja oleh masyarkat Sunda. Hanya saja fungsi ritual anklung sebagai alat ritual berubah sebagai alat hiburan. Sekarang angklung digunakan sebagai kesenian tradisional untuk menghibur wistawan. Bahkan menurut Anis seorang pemain Anklung di Saung Mang Ujo, seni hiburan angklung sudah sampai ke luar negeri, seperti Malaysia dan Belanda.

Angklung juga sering dikolaborasi dengan musik yang lain. Seperti yang akan ditunjukkan pada acara Kemilau Nusantara 2008, akan ada pertunjukkan kolaborasi antara alat musik angklung dengan rampak gendang, perkusi & dj, sehingga daya tarik angklung akan semakin bertambah, terutama generasi-generasi muda yang akan meneruskan pelesteraian musik-musik tradisional Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar