Selasa, 08 November 2011

Pengen tau lebih ttg budaya Indonesia? Tgl 19-22okt datang yuk ke TMII


Pada tanggal 19 sampai 22 bulan Oktober tahun 2011, GELAR bersama dengan Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia (SENA WANGI) akan mengadakan sebuah event akbar yang mengangkat keragaman Wayang Indonesia. Event ini diberi nama World of Wayang 2011 atau disingkat dengan WoW! 2011. Dalam event yang berlangsung 4 hari ini akan ditampilkan berbagai macam bentuk kesenian Wayang baik dalam format tradisi maupun pengembangan.


Kesenian Wayang sendiri merupakan adikarya bangsa Indonesia yang keagungannya telah diakui dunia melalui penetapan UNESCO sebagai World Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Human Kind, atau Karya Agung Non Bendawi Dalam Sejarah Peradaban Manusia. Di Indonesia sendiri, kesenian tradisional Wayang masih berkembang dan diminati dengan sangat baik di tengah-tengah masyarakat. Dalam bentuk yang lebih berkembang pula, di kalangan masyarakat urban – khususnya generasi yang lebih muda yang lebih prural yang telah mengalami pergeseran kebudayaan. Pergeseran ini kini terjadi dimana sebagian masyarakat Indonesia mulai tercerabut dari akar budayanya sendiri dan perlahan bergerak menuju masyarakat urban dengan segala kompleksitas karakteristiknya. Hal ini menuntut seni Wayang untuk menyesuaikan dirinya agar dapat diminati, walaupun sudah tidak semata-mata dalam format tradisinya.



kami melaksanakan beberapa program yang memiliki format beragam. Tidak hanya seni pertunjukan – yang biasanya diletakkan dalam format seni teater tradisi, seni tari dan seni pedalangan, namun juga bentuk lain selain pertunjukan. Berbagai kegiatan ini kami ketengahkan mulai dari bulan Agustus hingga Oktober 2011.

Berikut ini program WoW! 2011 :

Pre Event
1. Pergelaran Opera “Tandhing Gendhing”

2. Kompetisi

Lomba Desain Kaos Tokoh / Cerita Wayang
Lomba Desain Poster Kampanye Wayang
Lomba Desain Komik Strip Cerita Wayang
Lomba Desain Fashion Bertema Wayang
Lomba Cerpen Wayang
Lomba Essay Tentang Wayang
3. Diskusi Publik : Diskusi Falsafah Wayang

Event

1. Pergelaran

Pergelaran Wayang Tradisi dalam Konservasi
Pergelaran Wayang Tradisional Durasi Singkat
Pergelaran Wayang Semalam Penuh
Pergelaran Wayang Dalam Format Tari, Teater Tari, Teater Kontemporer, Teater Tradisi dan Teater Modern
2. Pemutaran Film Wayang

3. Diskusi

DIskusi Terbuka “Semua Suka Wayang”
4. Pameran

Pameran hasil-hasil lomba
Diskusi Film Wayang
Bedah Karya dan Naskah Seni Pertunjukan
5. Acara Resmi

Acara Pembukaan
Acara Penutupan dan Penganugerahan hadiah hasil lomba

RESTI NURFAIDAH SK - 201

Tidak ada komentar:

Posting Komentar