Senin, 07 November 2011

Pesona Alam dan Budaya Jepang

Jika berbicara budaya, maka negara Jepangpantas berada pada urutan pertama untuk kategori budaya terunik di dunia. Bagaimana tidak, negara yang terkenal dengan bunga sakura ini memiliki rentetan kepercayaan serta tradisi yang tetap lestari turun temurun. Tidak jarang, budaya Jepang ini begitu mendunia seperti halnya olahraga Sumo yang merupakan sebuah ritual berlatarbelakangkan agama.
Berbagai budaya Jepang lahir dari jaman kekaisaran yang juga dipengaruhi oleh kebudayaan bangsa lain seperti Eropa, Asia serta Amerika Tengah. Jepang merupakan salah satu negara yang memiliki huruf tersendiri dan wajib digunakan oleh seluruh warga negara. Budaya Jepang banyak berupa lukisan-lukisan dengan tema alam Jepang ataupun para karakter-karakter pejabat ataupun dewa. Bentuk lukisan yang unik, dengan objek-objek manusia dengan bentuk yang khas. Media menggambarnya juga unik, berbeda dengan kanvas pada umumnya, media lukis Jepang berupa kertas persegi empat tanpa bingkai.
Selain seni lukis, negara Jepang juga terkenal kaligrafi dengan tulisan kanji dan Hiragana. Kaligrafi dalam bahasa Jepang disebut Shodo. Selain kaligrafi, Jepang memiliki huruf-huruf yang rumit namun harus dipelajari oleh masyarakat Jepang. Huruf ini ditulis dengan menggunakan kuas dan digunakan sebagai huruf nasional baik dalam buku-buku, karya tulis, hingga internet. Karena itu keyboard di Jepang mempunyai dua jenis huruf yaitu huruf latin sekaligus Hiragana.
Selain itu, budaya Jepang yang terkenal adalah arsitektur bangunannya. Dinding rumah dari kertas, pintu geser, lampion serta atap melengkung yang identik dengan arsitektur Cina. Gaya arsitektur Jepang memang terinspirasi dari Cina, namun mengalami modifikasi dalam bidang tertentu terutama dalam hal keberadaan arsitektur tersebut agar berdampingan dengan alam Jepang.
Sama halnya dengan kondisi alamnya, Jepang merupakan negara yang dipenuhi dengan gunung serta pulau-pulau kecil. Berbagai tempat wisata alam terbaik yang ada di Jepang diantaranya adalah gunung Fujiyama yang terkenal. Gunung ini memiliki salju abadi di puncaknya. Hampir sebagian besar kondisi alam negara Jepang berupa pegunungan, hutan serta perbukitan yang memiliki varietas flora serta fauna yang beragam.
Para pelancong yang mengunjungi Tokyo ataupun Osaka mungkin tidak tahu bahwa tentang hal ini, namun jika Anda berkunjung ke daerah yang terletak diantara Hokkaido serta Okinawa, maka Anda akan menemukan berbagai tumbuhan khas Jepang, gunung berapi, sumber air panas alami, tebing serta lembah.
Berbagai flora terkenal di alam Jepang adalah pohon pinus, Momiji, Ume atau bunga plum Jepang serta yang paling terkenal tentunya adalah sakura. Beberapa budaya Jepang yang masih dijadikan tradisi hingga sekarang sebenarnya terinspirasi dari alam. Contohnya adalah Hanami atau tradisi melihat sakura yang sedang mekar serta tradisi minum teh yang dilakukan secara perlahan sambil mengagumi keindahan alam.
By : Putri Lilis Suryandari Sk-201

Tidak ada komentar:

Posting Komentar