Senin, 07 November 2011

KEUNIKAN KULINER DI JEPANG

Mengenal Budaya Jepang, Dengan Keunikan kulinernya

Negara yang terkenal dengan julukan matahari terbit ini dikenal sebagai negara yang maju dalam  berbagai macam pencapaian. Dan bukan hanya dalam hal Teknologi saja, namun juga dalam hal perdagangan dan industri. Tanpa harus kehilangan nilai-nilai tradisi oleh warisan budaya leluhur mereka.
Kemampuan Bangsa ini untuk maju dan berkembang, patut menjadi contoh oleh bangsa-bangsa lainnya, Tradisi  yang dilakukan turun temurun ini patut diberikan apresiasi contohnya saja tradisi yang tetap dilestarikan dan terjaga yaitu tradisi minum teh.
Bagsa Jepang terkenal sebagai bangsa yang ulet dan produktif di dunia.Hal ini tercatat  pada tahun 1945 negara jepang hancur lebur oleh bom atom yang menghancurkan kota hirosima dan nagasaki, namun dengan keuletannya mereka mampu bangkit lagi dalam kurun waktu yang tidak lama.
Dalam Hal masakan, bangsa jepang tidak hanya menciptakan menu-menu yang digali dari tradisi ke tradisi, tapi juga memiliki tradisi sopan santun ketika berada di meja makan, bangsa jepang sangat memegang teguh tradisi itu.
Beberapa sopan santun itu diantaranya dilarang memegang mangkok nasi dan sumpit dengan tangan yang sama di waktu bersamaan,memmindahkan mangkok atau menggerakan mangkok nasi dengan sumpit, mengacak-acak ataupun menusuk-nusuk makanan dengan sumpit untuk dimakan,mengali kebagian bawah makanan dengan sumpit hanya untuk mecari menu makanan yang paling lezat. Begitulah tradisi yang tidak dibiasakan oleh masyarakat jepang dalam hal di meja makan.
Masakan jepang memiliki khas yang tercermin dari kebudayaan dan tradisi masyarakatnya, Seperti sushi misalnya. Makanan asal jepang yang berbahan dasar ikan metah yang dibentuk bersama nasi dan sayuran ini sangat menjelaskan dengan sisi kebudayaan jepang yang menggemari makanan ikan mentah, Lantaran banyak nilai kandungan gizi yang sangat baik untuk kecerdasan .
Ada lagi masakan hasil kombinasi, yakni  sarada udon, ini merupakan makanan barat yang dicampur bahan makanan yang unik di hepang. Kari dan anpan . Makanan khas jepang yang berasal dari luar negri tapi dibuat dengan resep yang sudah diubah engan resep sesuai resep lokal, seperti ramen dan gyoza.
Karakter masakan jepang yang sangat khas jelas memberikan perbedaan tersendiri dari negara lainnya,bahan masakan jepang adalah beras,sayur dan kacang-kacangan dan hasil laut. Masakan jepang mengenal 5 bumbu  yang harus dimasukan secara erurutan  yakni, sa-shi-su-se-so yang merpakan singkatan dari:
  • Sato (gula pasir)
  • Shio (garam)
  • Su (cuka)
  • Se (Sheyu)
  • Miso (miso)
Makakan utama jepang terdiri dari nasi, sup dan lauk, kecuali pada acara jamuan makan kaiseki, masakan jepang juga tidak mengenal tahapan dalam peyajian. Melainkan dihidangkan semuanya sekaligus.
Aneka Ragam Masaka Jepang
Berikut ini adalah aneka ragam masakan jepang yang sudah terkenal diseluruh penjuru dunia:
Sushi
Sushi termasuk makanan jepang yang terbuat dari ikan mentah dan digulung bersama nasi dan sayuran.yang sebenarnya bisa saja dimakan langsung menggunakan tangan (tanpa sumpit) tapi sebaiknya tetap gunakan sumpit jika sushi disajikan untuk disantap bersama-sama.
sushi
Nabe
Nabe, adalah jenis masakan Jepang yang dimasak dan dihidangkan di dalam panci besar. Dalam bahasa Jepang, nabe berarti panci. Panci diletakkan di atas kompor kecil atau plat pemanas yang ada di atas meja. Sambil dimasak menggunakan panci atau wadah dari keramik bernama donabe, dan makanan dihidangkan di atas meja makan langsung bersama pancinya.
nabe

 sashimi

Sashimi merupakan makanan Jepang berupaikan laut yang diris tipis-tipis dan langsung dimakan dalam keadaan mentah dengan kecap asin, parutan jahe, dan wasabi.
 sashimi


Donburi
dalah makanan Jepang berupa nasi putih dengan berbagai macam lauk di atasnya seperti ikan, daging dan sayur-sayuran berkuah yang dihidangkan di dalam mangkuk besar yang juga disebut donburi. Kuah untuk donburi bergantung pada jenis makanan, tapi pada umumnya berupa dashi dicampur kecap asin dan mirin.
 donburi


Jika anda belum memiliki kesempatan pergi ke Jepang untuk menikmati kulinernya, anda tidak perlu khawatir, pasalnya hampir semua masakan jepang terdapat di kota-kota besar indonesia, terutama di Jakarta.

ELISA YULIANI KARTIKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar