Seorang sekretaris dalam suatu perusahaan haruslah memiliki bekal ilmu pengetahuan baik melalui pendidikan maupun dari kursus yang pernah diikutinya. Perusahaan menuntut memiliki sekretaris yang menguasai IPTEK dan memiliki skill kusus serta berwawasan luas. Adapun syarat-syarat yang harus dimiliki seorang sekretaris baik organisasi maupun perusahaan, yaitu :
- Memiliki skill kusus dibidang tertentu yang bisa menunjang pekerjaannya. Misalnya menguasai komputerisasi baik software maupun hardware.
- Menguasai beberapa bahasa asing guna berhubungan dengan relasi dari luar negeri.
- Memiliki pendidikan formal berhubungan dengan pekerjaannya.
- Cekatan dalam melaksanakan pekerjaannya, tanpa menunggu perintah dari atasan.
- Disiplin dalam berbagai kegiatan atau rutinitas pekerjaannya.
- Berwawasan luas.
- Sabar, bisa menahan diri, mampu menguasai berbagai situasi.
- Berpenampilan menarik, sopan dan rapi (tidak menggunakan asesoris yang berlebihan).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar