Mengenal Ilmu Administrasi
Manusia selalu hidup berkelompok dalam menjalankan kehidupannya. Salah satu kelompok itu ialah sebuah usaha kerja sama untuk mencapai tujuan tertentu. Segenap proses penyelenggaraan dalam setiap usaha kerja sama dari sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu dipelajari oleh suatu cabang ilmu, yang disebut ilmu administrasi.
Ilmu administrasi merupakan suatu ilmu yang luas coraknya. Sebab, ilmu ini menerima sumbangan-sumbangan berbagai pengertian, cara pemikiran, dan cara pendekatan dari cabang-cabang ilmu sosial lainnya.
Sebagai pengetahuan sistematis, ilmu ini mewujudkan berbagai pernyataan yang mempunyai bentuk preskripsi dan berbagai proposisi berupa prinsip ilmiah, kaidah ilmiah, dan teori ilmiah.
Berdasarkan 3 unsur utama dari administrasi dikembangkan 3 kelompok pengetahuan utama dalam ilmu ini dibagi menjadi :
1. Ilmu organisasi.
2. Ilmu manajemen.
3. Ilmu komunikasi administratif.
Lima unsur pelengkap dari administrasi telah menumbuhkan kelompok pengetahuan dalam ilmu ini berupa, ilmu administrasi kepegawaian, administrasi keuangan, administrasi perbekalan, administrasi perkantoranm dan administrasi humas .
Dalam ilmu administrasi perkantoran belakangan ini banyak direncanakan sistem informasi manajemen (management information system, MIS).
Secara ringkas sistem ini adalah suatu kebulatan jalinan hubungan dan jaring lalu lintas informasi dalam suatu organisasi mulai dari sumber yang melahirkan bahan keterangan melalui proses pengumpulan, pengolahan, penahanan sampai penyebarannya kepada semua petugas yang berkepentingan agar dapat melaksanakan semua tugas dengan sebaik-baiknya dan terakhir tiba pada pucuk pimpinan organisasi untuk keperluan membuat berbagai keputusan yang tepat.
Tiga kelompok utama, yaitu ilmu organisasi, ilmu manajemen, dan ilmu komunikasi administratif bersama 5 kelompok unsur pelengkap tersebut di atas dalam ilmu administrasi ternyata saling berkaitan satu sama lain.
1. Ilmu administrasi publik
Ilmu ini tidak mempunyai sasaran tersendiri, melainkan lebih menyerupai suatu rumpun dalam ilmu administrasi yang membawahi semua administrasi dalam lingkungan suasana kenegaraan. Nilai-nilai terakhir dari keberhasilan administrasi bisnis adalah terselenggaranya:
· Pelayanan yang memuaskan kepada kepentingan umum dan warga negara.
· Penyelenggaraan pemerintahan yang bertanggung jawab.
· Adanya pemerintah yang baik.
Ilmu ini menjadi syarat penting yang harus dimiliki oleh para pegawai negeri.
2. Ilmu Administrasi Bisnis
Berbagai administrasi yang berada dalam lingkungan suasana perusahaan, misalnya:
· administrasi penjualan dan pemasaran;
· administrasi produksi ;
· administrasi periklanan;
· administrasi perbankan;
· administrasi perhotelan;
· administrasi pengangkutan.
Administrasi bisnis merupakan suatu rumpun dalam ilmu administrasi yang membawahi semua administrasi tersebut di atas untuk masing-masing berkembang sendiri-sendiri menjadi pengetahuan sistematis.
Ilmu ini menjadi syarat penting yang harus dimiliki oleh para pegawai swasta yang bekerja dalam berbagai perusahaan.
3. Ilmu Administrasi Sosial
Berbagai administrasi yang berada dalam lingkungan suasana kemasyarakatan, misalnya:
· administrasi perhimpunan;
· administrasi perkumpulan;
· administrasi yayasan;
· administrasi koperasi;
· administrasi serikat buruh;
· administrasi lembaga fakir miskin;
· administrasi pekerjaan sosial;
· administrasi gereja.
Kegiatan-kegiatan dalam lingkungan administrasi kemasyarakatan umumnya mempunyai sifat memajukan sesuatu hal atau memelihara sesuatu kepentingan dari segolongan orang dalam masyarakat.
Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh lembaga atau badan kemasyarakatan tidak menonjolkan unsur orang-orang sebagai perseorangan.
Ilmu ini merupakan suatu rumpun dalam ilmu administrasi yang membawahi semua administrasi dalam lingkungan suasana kemasyarakatan.
Sumber : http://belajarbareng.unimedcenter.org
Tidak ada komentar:
Posting Komentar