Kamis, 10 Februari 2011

.:: Menguasai Ilmu Mengetik 10 Jari ::.

SEJARAH KEYBOARD :
Keyboard komputer diciptakan berdasarkan dasar rancangan dari mesin ketik manual yang dibuat oleh Christopher Latham pada tahun 1868 dan mulai banyak dipasarkan pada tahun 1887 oleh Perusahaan Remington.
Keyboard terdiri dari tombol-tombol huruf A – Z, a – z, angka 0 - 9, tombol dan karakter khusus seperti : ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ - + = < > / , . ? : ; “ ‘ \ | serta tombol-tombol khusus lainnya yang jumlah seluruhnya adalah 104 tombol. Sedangkan pada Mesin ketik jumlah tombolnya adalah 52 tombol.

MENGUASAI ILMU MENGETIK 10 JARI :
Mungkin sebagian orang berpendapat untuk apa belajar mengetik 10 jari segala, saya rasa mengetik 10 jari malah ribet, gak terbiasa, atau susah banget...! pendapat ini ada karena orang yang itu gak mau membaca atau belajar ilmunya mengetik 10 jari, banyak manfaat kalau kita bisa mengetik dengan menggunakan 10 jari, mengetik bisa lebih cepat dan tanpa melihat keyboard lebih rileks sehingga tidak mudah capek.
Seringkali bahkan mungkin setiap hari kita dihadapkan pada suatu keadaan yang terdesak dengan tugas-tugas yang menumpuk, dimana kecepatan merupakan sebuah tuntutan, maka mengetik 10 jari dengan cepat dan tepat adalah sebuah keharusan.
Untuk melancarkan anda dalam Menguasai Ilmu Mengetik 10 Jari ini, di akhir article ini saya berikan link untuk download game “Typer Shark” untuk latihan Mengetik 10 Jari dengan metode belajar sambil bermain.


PRINSIP UTAMA :

Ada 2 prinsip utama dalam Menguasai Ilmu Mengetik 10 Jari ini adalah :

1. Satu Jari Mendapat Bagian untuk Menghandle Beberapa Huruf Tertentu,
Ada suatu aturan yang harus dipatuhi yaitu masing-masing jari kita mendapat bagian beberapa huruf atau istilah lainnya masing-masing jari kita menghandle beberapa huruf dalam keyboard yang tidak boleh di handle oleh jari kita yang lain misalnya jari telunjuk tangan kiri mendapat bagian huruf 4,5,R,T,F,G,V,B sedangkan jari telunjuk tangan kanan menghandle huruf 6,7,Y,U,H,J,N,M untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini yang menggambarkan dengan warna bagian masing-masing jari kita dengan huruf yang harus dihandlenya.




Penjelasan Warna:
• Pink : di handle jari Telunjuk
• Kuning : di handle jari Tengah
• Hijau : di handle jari Manis
• Biru : di handle jari Kelingking
• Abu-abu : di handle jari Jempol

2. Penempatan Posisi Standby Jari Kita,
Prinsip kedua yaitu kita harus selalu meletakkan jari kita pada posisi standby atau posisi garis pangkal keyboard, seperti ditunjukkan dalam gambar di bawah ini :

Penjelasan:
• Huruf “F” selalu ditempati jari telunjuk tangan kiri dan huruf “J” selalu ditempati jari telunjuk tangan kanan,
• Selalu gunakan benjolan kecil di huruf “F” dan “J” pada keyboard, raba dengan jari telunjuk untuk menemukan posisi standby / garis pangkal ini,
• Setelah jari kita bergerak menekan tombol lain diluar garis pangkal diatas, jari kita harus segera kembali pada posisi garis pangkal ini.
Selalu terapkan 2 prinsip diatas setiap kali anda mengetik, dan berlatihlah mengetik dengan 2 prinsip diatas sebanyak-banyaknya, tidak lama jari anda akan terbiasa dan insting anda akan jalan seperti halnya anda mengendarai sepeda motor atau mobil, yang tidak perlu lagi melihat dimana letak presneleng dimana letak rem, dll. Anda akan dengan mudah Mengetik 10 Jari tanpa melihat keyboard dengan waktu yang cepat.

TIPS DALAM MENGETIK :

Berikut ini 5 Tips dari Stephanie Brown, seorang guru piano asal Amerika, dalam majalah "Her World" mengenai bagaimana anda mengatur postur dan posisi tubuh anda, terutama lengan anda, sehingga anda bisa menghindari kelelahan dan cedera :

1. Sejajarkan pergelangan tangan dengan telapak tangan
2. Posisi siku menggantung
3. Lemaskan jari telunjuk dan jari manis anda
4. Tekan tombol dengan tenang
5. Bila tidak sedang mengetik lemaskan semua tangan anda
Berikut ini Link download Ebook Article ini dalam bentuk PDF dan juga Game untuk Menguasai Ilmu Mengetik 10 Jari :
1. Ebook “Menguasai Ilmu Mengetik 10 Jari” Download2. Game “Typer Shark” Download
Selalu berbagi ilmu, karena “Berbagi Ilmu Menambah Rejeki”. Tekan (Ctrl + D) dari keyboard anda sekarang juga, untuk membookmark blog ini di browser anda dan selalu kunjungi terus http://www.SaputraMZ.com (Blog Tutorial | Ilmu | Informasi).

Referensi:
Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan, Mengetik 10 Jari, Modul 01 Edisi III-2005
M. Situmeang, Drs, Pelajaran Mengetik 10 Jari, Karya Utama, Jakarta, Indonesia, 1999.
www.ilmukomputer.com
www.whatis.com
www.howstuffworks.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar